SARIBUDOLOK SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN
gravatar

Saribudolok and Singgalang Mountain

Saribudolok News
Horas Saribudolok... Horas Hubatta Haganupan.
Menjadi menarik bagi saya membahas antara Gunung SinggaLang dengan kota kecil dibawahnya yakni Saribudolok yang juga menjadi Ibukota Kecamatan yang menaungi  beberapa desa disekitarnya. Gunung Singgalang atau yang lazim disebut dengan Dolok Singalang ini, memiliki ke khas-an tersendiri dibanding dengan gunung-gunung lain yang saya ketahui. Berawal dari sebuah kata "harmonis" karena perpaduan dan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari kota Saribudolok, karena gunung ini sendiri menjadi salah satu Icon atau Lambang dari Saribudolok itu sendiri selain Tugu Simpang Empat.Banyak warga dari Saribudolok yang memiliki lahan di sekitar lerengnya, baik untuk pertanian dan juga pemukiman.
Pemukiman terdekat dengan gunung ini adalah Kampung Kasemak yang masih dalam wilayah kenamaan Saribudolok. Dinamakan Kampung Kasemak, berawal dari wilayah tersebut yang dulunya ditumbuhi oleh pohon Kasmak, dan beralih fungsi menjadi pemukiman yang kini kerap disebut dengan Kampung Kasemak.Gunung Singgalang sendiri bisa disebut sebagai tedampak langsung dari pertumbuhan populasi masyarakat sekitar Sarbudolok, karena mayoritas dari penduduknya adalah petani. Seperti beberapa contoh dalam pertanian bahwasannya setiap petani membutuhkan kesuburan tanah, sehingga banyak dari warga disana sengaja mempermentasikan jenis pembusukan dedaunan untuk dijadikan pupuk alam. Keberadaan gunung sendiri juga merupakan filter yang membuat hawa dan udara di Saribudolok begitu bersih dan sejuk.
Pengalama saya dan beberapa teman semasa sekolah di SMU Negeri 1 Saribudolok Kecamatan Silimakuta yang juga berada disekitaran Lereng Gunung Singgalang adalah ketika mendaki gunung tersebut. Sunguh suatu pengalama yang tidak tergambarkan, karena suasana hutan belantara yang sungguh menakjubkan. Terdengar suara kicauan burung dan suara hewan melata dan hewan-hewan lain yang membuat berdecak kagum di dalam hati dan diselingi dengan rasa was-was yang begitu mendalam. Berfikir akan adanya hewan buas, berfikir akan adanya jebakan para pemburu, dan berfikir akan segala macam hal yang kita sendiri tidak tau akan bagaimana nantinya, yang penting seru-seruan aja hee.
Setelah lelah mendaki dengan menghabiskan beberapa waktu dalam perjalanan, akhirnya team kami pun tiba di atas atau puncak Gunung Singgalang. Diatas sana kami menemukan sebuah bangunan kecil yang terbuat dari batu atau semen, yang bentuknya hanya merupakan suatu 'bak' atau wadah penampungan dan ukiran tahun  atau ketinggian dari gunung tersebut. Sungguh sangat menakjubkan dapat melihat bentangan luasnya daratan di sekitar Saribudolok, terlihat juga air di danau toba dan juga kota di Berastagi dan Kabanjahe, tapi dengan satu syarat yakni masih harus memanjat pohon sedikitnya 10 meter panjangnya.Kebahagiaan terpancar saat kita juga berhasil menorehkan tanda yang berupa ukiran nama pada sebuah pohon diatas sana.Tapi seiring dengan berjalannya waktu, mungkin nama itu pun juga telah terhapus, tapi setidaknya kenangan akan Gunung Singalang sangat membekas bagi saya dan teman-teman lainya.
Akhir kata  saya berpesan, jagalah keasrian Gunung Singgalang sebagai penopang kehidupan warga Saribudolok sekitarnya.
Sonai Ma Lobei.. Horas..Horas..Horas...!!!

Page Rank Checker
Page Rank Checker
SINALSAL RENTAL / SHOWROOM
Percayakan Kenyamanan Perjalanan Keluarga Anda Bersama Kami : 0812 6015 9616 atau 0877 6629 2016 / saribudolok
https://www.facebook.com

SUN LIFE / INSURANCE
Mau Keuangan dan Masa Depan Terjamin.? Mari Jadikan Hidup Anda Lebih Bernilai.Contact Person : 0812 6015 9616 / 0877 6629 2016
http://tambarta.blogspot.com/

GRACE Tupperware
Call Kami Di 0812 6943 4101 untuk kebutuhan keluarga anda atau add kami di Facebook orang saribudolok
http://www.facebook.com/lysmawati.girsang

Ads my google

Tukar-LinK



Entri Populer

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
PELUANG USAHA
Add URL Suggest Link
BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.
Kedai Backlink,Backlink Percuma
freebacklinks4u
Free Auto Backlink - Gratis Backlink Otomatis
germo backlink